Warga Binaan Rutan Kelas I Makassar Kabur, Kepala Rutan Ngaku Telah Lakukan Koordinasi

  • Bagikan
Ilustrasi tahanan. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Seorang warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar yang kabur sekitar 3 pekan lalu sampai saat ini belum ditemukan.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Muhidin, mengatakan, telah terjadi pelarian warga binaan pada Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 19.34 Wita.

Warga binaan tersebut berinisial A dengan status narapidana pasal 351 (ayat 1) dengan putusan 1 tahun 6 bulan. Kabarnya A dipekerjakan sebagai korvey dapur karena dinilai cakap dan berkelakukan baik berdasarkan sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

“Setelah melihat rekaman CCTV napi kabur di sekitar area dapur dengan cara memanjat tembok dan teralis pembatas menggunakan selang,” ujar Muhidin (23/9/2022).

Atas kejadian tersebut, pihak Rutan Kelas I Makassar langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan melakukan pencarian.

“Kami langsung melaporkan ke Polsek Tamalate kemudian Polres Gowa dan Polda Sulsel. Untuk pencarian napi kabur tersebut masih dilakukan hingga hari ini, menyisir rumah dan orang-orang terdekatnya. Selain itu secara internal kami juga laporkan ke kantor wilayah,” ujarnya.

Muhidin menuturkan, Rutan Kelas I Makassar juga telah memberikan penguatan kepada seluruh pegawai khususnya petugas regu pengamanan untuk lebih waspada dalam menjalankan tugas serta melakukan perbaikan sarana prasarana area pos jaga.

“Untuk pegawai telah diberikan penguatan, utamanya petugas regu pengamanan serta melakukan evaluasi atas kejadian tersebut. Selain itu, kita lakukan mutasi internal yang diharapkan dapat terjadi penyegaran dan sebagai motivasi untuk bekerja lebih optimal,” ucap Karutan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan