Ramai Kabar Xi Jinping Dikudeta Militer Tiongkok, Seret Nama Jenderal Li Qiaoming

  • Bagikan
Presiden China Xi Jinping Foto: reuters

FAJAR.CO.ID, BEIJING -- Kabar penggulingan atau kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping oleh militer Tiongkok beredar di media sosial. Xi juga disebut sebagai tahanan rumah.

Isu yang tak dapat dipastikan kebenarannya itu menyeret nama Jenderal Li Qiaoming yang disebut-sebut menggulingkan Xi Jinping.

Isu ini berawal saat aktivis hak asasi manusia Tiongkok Jennifer Zeng memposting video di akun Twitter-nya. Ia mengklaim bahwa militer Tiongkok (PLA) bergerak untuk mengambil alih Beijing seperti dilansir dari News Room Post, Minggu (25/9).

Berita yang belum terverifikasi ini mengejutkan dunia. Berbagai cuitan oleh akun Tiongkok menunjukkan bahwa Jinping telah berada di bawah pengawasan PLA. Media negara itu belum mengklarifikasi rumor tersebut.

“Kendaraan militer #PLA menuju #Beijing pada 22 Sep. Mulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing & berakhir di Kota Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh prosesi sepanjang 80 KM. Sementara itu, rumor mengatakan bahwa #XiJinping ditahan setelah senior #PKC memecatnya sebagai kepala PLA”, tulis sang aktivis dalam keterangan.

Penulis Tiongkok Gordon Chang, yang sekarang tinggal di AS juga membagikan video yang sama dalam sebuah tweet. Nama Jenderal PLA Li Qiaoming juga muncul di tengah kabar ini.

Ia disebut-sebut sebagai penerus Xi. Isu kudeta muncul menjelang penetapan Xi Jinping sebagai presiden 3 periode oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) pada 16 Oktober nanti. Hingga saat ini pemerintah Tiongkok belum mengklarifikasi kabar kudeta Xi Jinping. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan