ETLE Mulai Berlaku di Beberapa Daerah, Ini Dia Beberapa Tips Agar Terhindar Dari Tilang

  • Bagikan
ilustrasi E-tilang


FAJAR.CO.ID
, MAKASSAR -- Polda Metro Jaya perlahan-lahan mulai menyebarkan kamera ETLE (electronic traffic law enforcement) di sejumlah daerah.

Bukan cuma di Pulau Jawa, tilang elektronik juga berlaku di beberapa daerah, seperti Batam hingga Ambon.

Para pengendara pun dituntut untuk mengedepankan etika berkendara agar terhindar dari pantauan kamera ETLE. 

Salah satunya adalah menaati lalu lintas hingga menghindari emosi di jalanan.

Ini dia beberapa tips etika berkendara demi terhindar dari kamera ETLE atau tilang elektronik. Yang dilansir dari Auto2000. 

1. Jangan Gunakan Gadget

pengendara sangat tidak disarankan untuk menggunakan gadget atau smartphone ketika berkendara. Hal ini dianggap berbahaya karena fokus si pengemudi bakal terpecah menjadi dua. Jika tertangkap kamera ETLE, maka bisa kena tilang elektronik.

2. Belok dengan Lampu Sein

Pengendara juga wajib menyalakan lampu sein terlebih dahulu sebelum akhirnya berbelok ke kanan atau ke kiri. Dengan begitu, pengguna jalan lain bisa bersiap dan mengantisipasi pergerakan kendaraan untuk mencegah kecelakaan.

3. Jangan Pakai Klakson Semaunya

Tips ketiga etika berkendara adalah jangan menggunakan klakson semau kita. Karena hal itu bisa dapat menggangu pengendara lain. Klakson sendiri berfungsi untuk memberikan isyarat, dan diperbolehkan dipakai sesekali untuk memberi tanda kepada pengendara lain.

4. Jangan Hambat Arus Lalu Lintas

Terakhir, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menghambar arus lalu lintas dengan cara memonopoli lajur jalan. Pengendara diusahakan tak boleh berjalan lambat di jalur cepat. Begitu juga ketika berada di lajur kiri, kalian wajib patuhi batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan