Ini Dia 4 Cara Mengelola Sampah dengan Benar Agar Lebih Bersih

  • Bagikan
Tempat sampah

FAJAR.CO.ID -- Semua rumah pasti menghasilkan sampah setiap harinya, entah itu berasal dari makanan, barang bekas, atau produk kemasan. Sayangnya, hanya sedikit yang peduli terhadap lingkungan dan membuang sampah dengan benar.

Selain mencemari lingkungan, membuang sampah sembarangan tentu dapat mendatangkan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan proses pengelolaan sampah yang tepat.

Lalu, bagaimana cara mengelola sampah? Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pisahkan Sampah

Sampah terbagi menjadi dua jenis, yaitu organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat mengalami pembusukan seperti sisa bahan makanan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai, seperti plastik dan kaca.

Sebelum membuang sampah, pilah sampah berdasarkan kedua jenis tersebut. Kamu bisa menyiapkan dua tempat sampah berbeda di rumah untuk memudahkan proses pengelompokkan.

Apalagi, harga tempat sampah cukup terjangkau. Jadi, bukan masalah untuk membeli dua atau lebih tempat sampah.

2. Gunakan Sampah Makanan untuk Kompos

Sisa bahan makanan kayak kulit buah dan sayur bisa digunakan sebagai pupuk kompos, lho. Selain bermanfaat bagi tanaman, hal ini juga dapat mengurangi limbah rumah tangga.

Caranya pun cukup mudah. Isi wadah dengan bahan kompos yang tinggi karbon di bagian bawah, biasanya berasal dari kayu-kayuan. Sedangkan yang tinggi nitrogen di bagian atas, seperti  sisa sayur-sayuran, buah, dan sebagainya.

3. Jual Barang Bekas yang Bisa Digunakan

Punya barang bekas yang masih bisa digunakan? Daripada membuangnya, lebih baik dijual kembali. Selain lebih untung, barang bekas ini mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan