Yusuf al-Qaradawi Meninggal Dunia, Fadli Zon: Sosok Ulama yang Tegas, Berani, dan Cerdas

  • Bagikan
Fadli Zon mengunggah foto bersama dengan Yusuf Al-Qaradawi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir, Yusuf al-Qaradawi, meninggal dunia.

Hal itu tertuang dalam akun resmi ulama yang dikenal sebagai seorang Mujtahid pada era modern ini dan dekat dengan gerakan Ikhwanul Muslimin.

"Kami berdoa semoga Allah mengangkat derajatnya setingginya dan bergabung bersama yang mulia Nabi Muhammad SAW, orang-orang yang benar serta para syuhada orang orang-orang saleh," tulis akun Twitter al-Qadarawi yang berbahasa Arab, yang dikutip FAJAR.CO.ID, Senin (26/9/2022).

Ungkapan duka atas meninggalnya Cendekiawan Muslim Yusuf Al-Qaradawi itu pun mengalir.

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon melalui akun Twitternya mengunggah foto bersamanya dengan mendiang Yusuf Al-Qaradawi.

Ia pun mengungkapkan rasa duka itu. Menurut Fadli Zon, mendiang Yusuf Al-Qaradawi merupakan sosok ulama yang tegas, berani, dan juga cerdas.

"Innalillahi wainnailaihi raajiun. Kita kehilangan seorang ulama besar, Syaikh Yusuf Al Qaradawi, Ketua Al-Ittihaad Al-‘Aalami li’ Ulama’il Muslimin atau Persatuan Ulama Islam Internasional. Ulama yg tegas, berani n cerdas. al Fatihah. Foto: bbrp pertemuan di Doha, Qatar, "tulisnya.

Berdasarkan data di Wikipedia, Cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir itu lahir di sebuah desa kecil di Mesir bernama Shafth Turaab di tengah Delta Sungai Nil, pada usia 10 tahun, ia sudah hafal al-Qur'an.

Menamatkan pendidikan di Ma'had Thantha dan Ma'had Tsanawi, Qardhawi terus melanjutkan ke Universitas al-Azhar, Fakultas Ushuluddin. Dan lulus tahun 1952. Tapi gelar doktornya baru ia peroleh pada tahun 1972 dengan disertasi "Zakat dan Dampaknya Dalam Penanggulangan Kemiskinan", yang kemudian disempurnakan menjadi Fiqh Zakat. Sebuah buku yang sangat komprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan