Jika Calonkan Anies, Denny Siregar: Apakah Paloh Konsisten Tak Ingin Terjebak Politik Identitas?

  • Bagikan
Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh (foto: dok Partai Nasdem)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat Media Sosial, Denny Siregar mengaku senang dengan pernyataan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bahwa partainya tak ingin terjebak dengan politik identitas di Pemilu 2024 nanti.

Surya juga menegaskan bahwa NasDem tidak ingin negara ini berubah haluan dengan ideologi seperti khilafah, atau terjebak dalam urusan ras, suku, dan agama. NasDem akan konsisten dengan konsep restorasi.

"Sebuah pidato yang melegakan yang membuat kita bisa berharap bahwa Pilpres 2024 nanti tidak akan sama dengan Pilgub DKI 2017 yang penuh dengan amarah bahkan sudah masuk ke ranah agama dengan jualan ayat dan mayat yang membuat DKI Jakarta terpecah," papar Denny Siregar di kanal YouTube Cokro TV, Selasa (27/9/2022).

Pertanyaannya, apakah Surya Paloh bisa konsisten dengan pernyataannnya itu?

Denny mengatakan, kalau nanti Ganjar Pranowo diusung oleh PDI Perjuangan, maka NasDem sangat mungkin akan berbelok dan mendukung Anies Baswedan yang dianggap sebagai lawan sebandingnya Ganjar.

Dan untuk mendukung Anies, Nasdem cukup berpasangan dengan Demokrat dan PKS. Tapi mereka meminta jadi leader dalam pertarungan. Jika ini terjadi, menurut Denny, maka kata-kata Surya Paloh bahwa Nasdem akan menjaga supaya tidak terjadi politik identitas di Pilpres 2024, patut dipertanyakan.

"Kita semua tahulah Anies sudah dicap bapak politik identitas karena dia memenangkan Pilgub DKI lewat keganasan simpatisannya yang bertarung dengan membawa-bawa agama," tuturnya.

Denny melanjutkan, sesudah Prabowo Subianto bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi, maka kelompok kanan yang ultra konservatif itu sudah mengusung Anies Baswedan sebagai simbol dan kuda tunggangan agenda poltik mereka.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan