Pernyataan Terbaru Jubir Gubernur Papua soal Dugaan Korupsi Lukas Enembe

  • Bagikan
Muhammad Rifai Darus, S.H., M.H (FOTO: Elfira/Cepos)

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA – Juru Bicara Gubernur Papua, M Rifai Darus menyebut hingga kini penyidik KPK masih dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar dengan Gubernur Lukas Enembe, melalui tim hukumnya.

“Gubernur Papua Lukas Enembe sudah tegas menyampaikan bahwa beliau akan menghadapi kasus ini dan tidak akan kabur ataupun hilang. Bapak Lukas Enembe konsisten untuk memilih terus kooperatif, dengan catatan negara juga memperhatikan kondisi kesehatan beliau dalam rangka mempertahankan hak hidupnya sebagaimana yang dijamin oleh Konstitusi,” tegas M Rifai dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Senin (26/9) kemarin.

Menurut Jubir, proses hukum yang sedang dijalani Lukas Enembe sedikit mengalami distorsi peristiwa. Api pemantik dari distorsi tersebut tentu datang dari konferensi pers yang dilakukan oleh Menkopolhukam.

“Fakta hukum yang ada saat ini ialah Gubernur Lukas Enembe menjadi tersangka atas tuduhan/dugaan gratifikasi Rp 1 M. Namun pemberitaan yang masif berkeliaran justru menyoal opini-opini lain yang belum terbukti kebenarannya dan bukan merupakan bagian dari tuduhan/dugaan kasus gratifikasi,” kata Rifai.

Rifai menyampaikan Lukas Enembe dan tim Hukumnya serta seluruh jajaran menjunjung tinggi supremasi hukum di Indonesia, dengan tetap memperhatikan budaya, karakteristik serta kehendak dari masyarakat Papua dalam menghadapi permasalahan ini.

Pihaknya berharap agar mengedepankan Trial by The Court bukan malah menyudutkan citra seorang Lukas Enembe melalui Trial By The Press agar hak-hak dasar Lukas Enembe dapat terjaga sebagai warga Negara yang dalam menghadapi hukum dan ingat juga bahwa Hukum Acara Pidana juga menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan