Umat Islam Berduka, Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional Syaikh Yusuf Al Qaradlawy Wafat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID— Umat Islam di seluruh belahan dunia terpukul atas wafatnya salah seorang ulama sekaligus ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional.

Kabar wafatnya Al 'Allamah Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy dalam usia 99 tahun hijri/96 tahun miladi tersebar pada Senin (26/9/2022).

Wafatnya ulama adalah tercabutnya satu tonggak ilmu, tertutupnya satu pintu fiqh, tercerainya seikat simpul ajaran, dan terputusnya rantai teladan. Ia duka semesta. Begitu kira-kira sederhananya.

Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy, dalam usia yang panjang itu, khidmahnya untuk dakwah, ilmu, Islam, dan kaum muslimin diakui oleh berbagai kalangan.

Tak terhitung karya-karyanya memberi ummat kecerahan dalam berbagai hukum dari Kitab dan Sunnah, seperti Al Halal wal Haram fil Islam, Fiqh Zakat, hingga Fiqh Jihad.

Manhaj kemudahannya juga mengenalkan umat Islam pada Fiqh Awlawiyat, Fiqh untuk Muslimin di negeri minoritas muslim dan seterusnya.

"Semoga Allah jadikan ilmu dan 'amal yang beliau tebar tak henti mengalirkan pahala, dengan manfaat yang terus tercurah untuk kita dan anak-cucu kelak menuainya," tulis
Penulis buku Islami, Arif Nursalim pada akun facebooknya, @Salim A. Fillah (26/9/2022).

Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy diketahui memiliki sikap-sikap dan pendapat-pendapat yang tak selalu disetujui oleh para ulama lain. Tentang ini beliau selalu terbuka dan menyatakan, "Tidaklah tercela adanya berbagai perbedaan pandangan; selama mereka yang berselisih menghendaki kebenaran dan mengharapkan kebaikan. Yang tercela adalah persengketaan hati dan jiwa yang saling mendengki."

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan