7 Manfaat Jamu yang Jarang Diketahui Orang

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Apabila Anda sering melakukan aktivitas di luar yang menguras energi dan membuat badan menjadi pegal-pegal saat bangun di pagi hari, maka solusinya adalah rutin mengonsumsi jamu. Salah satu jenis jamu terkenal bisa meredakan rasa nyeri, pegal dan linu adalah cabe puyang.

Dalam cabe puyang terdapat senyawa yang bisa menghilangkan pegal dan linu yaitu senyawa piperin. Selain untuk meredakan nyeri, pegal dan linu, piperin juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Anda bisa mengonsumsinya di malam hari sebelum beristirahat dan paginya mendapatkan badan yang lebih enak saat bangun. Tetapi yang perlu diingat, jamu ini hanya meredakan, bukan menghilangkan, sehingga jika rasa ngilu, pegal berkelanjutan lebih baik periksakan ke dokter atau pihak lain yang bisa menanganinya.

3. Mengatasi permasalahan sistem pencernaan

Selanjutnya, ternyata dari jamu Anda bisa memperbaiki sistem pencernaan. Salah satu bahan pembuatan jamu yang sering digunakan adalah temulawak. Biasanya selain digunakan sebagai bahan minuman, atau tambahan pada susu anak, temulawak juga dijadikan sebagai jamu.

Temulawak mengandung banyak protein, kandungan selulosa, kurkuminoid dan juga minyak atsiri yang sangat ampuh mengatasi berbagai permasalah pencernaan, mulai dari maag dan penyakit lainnya.

Tak hanya itu saja, karena seluruh permasalahan pencernaan hilang maka lebih mudah menaikkan berat badan. Kurkuminoid yang ada di dalamnya bisa juga sebagai penambah nafsu makan.

Jika Anda berniat untuk membuatnya di rumah Anda bisa membeli temulawak di pasar tradisional atau bisa juga di pasar modern seperti Lotte Mart. Jadi tidak perlu khawatir jika bahannya tidak ditemukan, karena saat ini barang apa saja sudah dengan mudah ditemukan dengan kecanggihan teknologi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan