7 Manfaat Jamu yang Jarang Diketahui Orang

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Tidak perlu khawatir, karena dengan mengonsumsi jamu khususnya kunyit asam maka segala keluhan tersebut bisa teratasi. Sebab dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang dapat meredakan nyeri haid, kram perut dan badan yang pegal-pegal.

Tak hanya itu, kurkumin juga sangat berkhasiat untuk melancarkan siklus haid. Jadi yang belum lancar, bisa konsumsi kunyit asam secara rutin. Kurkumin juga mencegah infeksi jamur dan meredakan perut kembung dan melilit.

7. Membantu ibu melahirkan dalam proses pemulihan

Terakhir, mengonsumsi jamu ternyata dapat membantu ibu yang baru melahirkan dalam proses pemulihannya. Banyak sekali jenis jamu yang memang diperuntukkan untuk ibu melahirkan dan ibu menyusui.

Misalnya beras kencur, bagi yang baru melahirkan beras kencur dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka setelah persalinan, tak hanya itu saja, mengonsumsi beras kencur setelah melahirkan bisa membuat perut kembali mengencang setelah operasi sesar. Sangat membantu ibu pasca melahirkan bukan.

Beda dengan beras kencur, jamu rimpang temu kunci memberikan khasiat berupa tubuh yang terasa segar setelah melahirkan, rimpang temu kunci juga dapat merangsang supaya produksi ASI lebih banyak dan melimpah ruah.

Atau jamu galian singset yang berkhasiat melindungi luka bekas jahitan dari infeksi jamur sehingga tidak ada peradangan pada bekas luka pasca melahirkan. Galian singset juga bisa digunakan sebagai booster Air Susu Ibu (ASI). Masih banyak lagi jamu yang bisa membantu ibu yang baru melahirkan dalam proses pemulihannya.

Nah, berikut di atas merupakan 7 manfaat jamu yang jarang diketahui. Bagi Anda yang ingin merasakan khasiatnya, bisa mulai mengonsumsinya secara rutin. Karena manfaat itu tidak bisa dirasakan apabila Anda hanya mengonsumsinya satu dua kali saja atau mengonsumsi di saat tertentu saja.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan