7 Tips Menggunakan Bank Online untuk Bisnis

  • Bagikan
Ilustrasi Bank Online. (int)

FAJAR.CO.ID -- Bank online atau bank digital adalah salah satu bukti perkembangan teknologi keuangan terkini. Berbeda dengan bank pada umumnya, bank online hanya memiliki beberapa kantor cabang offline dan beberapa ATM saja, sehingga semua transaksi hanya berlangsung melalui aplikasi.

Karakteristik ini membuat Anda harus mempertimbangkan banyak hal untuk menggunakan bank online sebagai sumber utama kegiatan bisnis Anda. Pasalnya, Anda tidak bisa sewaktu-waktu mendatangi kantor cabang terdekat. Berikut ini 7 tips menggunakan bank online untuk bisnis:

1. Pastikan Legalitasnya

Meskipun berbentuk aplikasi dan memiliki jumlah kantor cabang yang minim, namun bank online tetaplah usaha perbankan, yaitu lembaga keuangan yang memiliki regulasi paling ketat di Indonesia. Hal ini karena bank berperan sebagai lembaga penerima dan penyalur keuangan dari dan ke masyarakat, sehingga perlu diatur sedemikian rupa.

Maka dari itu, langkah pertama untuk memilih bank online mana yang terbaik untuk bisnis Anda adalah dengan memastikan legalitasnya terlebih dahulu. Pastikan bank tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan layanan simpanannya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Lihat Fitur yang Disediakan

Transaksi bisnis umumnya lebih rumit dibandingkan dengan transaksi keuangan personal biasa. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan sebuah bisnis akan mengirim dan mendapatkan dana dari banyak pihak sekaligus dalam satu waktu.

Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa fitur yang disediakan oleh bank online sebelum memilihnya. Cari terlebih dahulu review bank online untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya serta fitur yang ditawarkan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan