7 Tips Menggunakan Bank Online untuk Bisnis

  • Bagikan
Ilustrasi Bank Online. (int)

Singkatnya, Anda harus mengetahui, apakah fitur bank online tersebut mendukung kegiatan bisnis Anda atau tidak. Rinciannya, Anda dapat mempertimbangkan beberapa fitur berikut:

  • Multiple users. Ini penting, sebab tim keuangan perusahaan Anda berhak mengetahui aliran uang yang masuk dan keluar.
  • Keamanan. Karena hal ini menyangkut uang, maka aspek keamanan harus menjadi nomor satu.
  • Aspek pembayaran. Beberapa bank digital membatasi pembayaran atau transfer beda bank dalam jumlah terbatas. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda untuk membayar gaji kepada karyawan yang menggunakan bank yang berbeda. Selain itu, Anda harus melihat apakah bank tersebut menyediakan fitur pembayaran otomatis untuk pembayaran rutin Anda, seperti biaya listrik, biaya bahan baku dan lain sebagainya.
  • Fitur penganggaran (budgeting). Salah satu keuntungan menggunakan bank online adalah bank jenis ini umumnya juga menawarkan fitur budgeting yang tentunya akan membantu Anda memisahkan dana untuk alokasi tertentu dan alokasi lainnya.
  • Pemberitahuan transaksi. Tujuannya adalah supaya Anda dan karyawan Anda bisa melakukan cross check jika ada uang yang masuk dan keluar.
  • Customer service. Karena tidak memiliki kantor offline, maka Anda harus memastikan kalau fitur layanan pelanggan bank online tersebut memiliki kualitas bagus dan bisa membantu menyelesaikan masalah.

3. Buat Virtual Account

Virtual account adalah rekening virtual yang terdiri dari beberapa angka dan hanya bisa digunakan oleh seorang pelanggan dalam satu kali transaksi. Beberapa angka dalam rekening virtual ini sudah mencakup identitas pelanggan dan nomor transaksi, sehingga sistem keuangan yang Anda gunakan dengan mudah dapat mengidentifikasi untuk apa pembayaran tersebut dilakukan dan oleh siapa.

Virtual account tidak hanya akan mempermudah pelanggan untuk menggunakan jasa perusahaan Anda meskipun perusahaan tersebut menggunakan bank yang berbeda, tetapi juga dapat memudahkan pebisnis untuk mengidentifikasi transaksi. Pilihlah bank online yang memiliki fitur ini, supaya bisnis Anda semakin diminati oleh pelanggan dan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing.

4. Pilih Bank Online yang Terintegrasi dengan Sistem ERP

ERP atau enterprises resources planning (ERP) adalah sekumpulan software atau platform bisnis yang terintegrasi satu sama lain. Dengan memilih bank online yang terintegrasi dengan ERP, Anda bisa mempermudah berbagai aspek bisnis, seperti:

  • Rekonsiliasi dengan bank.
  • Pencatatan keuangan.
  • Pencatatan barang yang masuk dan keluar gudang.
  • Pembayaran gaji karyawan.
  • Pengiriman invoice kepada pelanggan.
  • Pencatatan dan pembayaran pajak.
  • Dan lain sebagainya.

Koneksi antara bank online dengan ERP ini semakin dibutuhkan apabila skala perusahaan Anda sudah cukup besar, sehingga membutuhkan aplikasi untuk transaksi pembayaran dan penerimaan dalam frekuensi cukup besar dalam satu waktu.

Menurut Magnate.id, salah satu manfaat aplikasi keuangan seperti ERP adalah untuk mempermudah pencatatan keuangan dan pengambilan kebijakan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan