7 Tips Menggunakan Bank Online untuk Bisnis

  • Bagikan
Ilustrasi Bank Online. (int)

5. Biaya Layanan dan Bunga

Tidak dapat dipungkiri apabila Anda harus membayar sejumlah biaya administrasi kepada bank online. Besaran biaya layanan ini tentu akan secara langsung mempengaruhi jumlah penghasilan bisnis Anda kedepannya, apalagi jika Anda menggunakan fitur premium.

Pastikan Anda memeriksa faktor biaya layanan ini dengan hari-hati. Akan lebih baik jika Anda bisa menghubungi staf pemasaran bank tersebut untuk mengetahui ada atau tidaknya biaya khusus untuk pengguna yang berbisnis.

Selain biaya, pastikan Anda mengetahui tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut. Tingkat suku bunga ini perlu Anda ketahui khususnya apabila Anda juga menggunakan bank tersebut untuk menyimpan uang perusahaan, entah itu dalam bentuk tabungan biasa atau dalam bentuk deposito. Karena walau bagaimanapun, besaran suku bunga ini juga akan mempengaruhi pendapatan bisnis Anda (dalam bentuk pendapatan bunga).

6. Kemudahan Mengajukan Pinjaman

Faktor lain yang harus Anda pertimbangkan untuk menggunakan bank online demi bisnis adalah kemudahannya dalam mengajukan pinjaman (kredit). Pasalnya, bank dalam bentuk apapun tetaplah lembaga yang harus menampung dan menyalurkan kredit ke masyarakat, sehingga fitur pinjaman atau kredit itu harus ada dalam sebuah bank.

Dengan adanya fitur pinjaman ini, Anda bisa menambah cash flow bisnis dengan mengajukan pinjaman secara lebih mudah dengan tanpa ngantri ke bank biasa. Untuk menggunakan bank online dengan mempertimbangkan faktor ini, Anda harus melihat beberapa variabel, seperti:

  • Limit kredit.
  • Kemudahan penarikan.
  • Kemudahan pembayaran (ada fitur autodebet atau tidak).
  • Kemudahan cicilan.
  • Bunga cicilan dan;
  • Syarat yang harus Anda setujui.

Dalam menyediakan fitur pinjaman ini, ada beberapa bank digital yang menyediakan layanan itu sendiri, tetapi juga ada yang menyediakannya dengan bekerja sama dengan aplikasi P2P Lending. Oleh sebab itu, pastikan Anda membayar tagihan pinjaman tepat waktu sebelum beban bunga pinjaman Anda meningkat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan