DPR Tetapkan Johanis Tanak sebagai Pengganti Lili Pintauli sebagai Pimpinan KPK

  • Bagikan
Johanis Tanak (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi III DPR RI resmi menetapkan Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli Siregar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini setelah Johanis Tanak dan I Nyoman Wara melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9).

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil pemungutan suara terbanyak dari seluruh anggota Komisi III DPR yang hadir. Pengambilan suara itu dilakukan setelah keduanya menjelaskan visi dan misi mereka dalam agenda uji kepatutan dan kelayakan.

Johanis Tanak memperoleh 38 suara, sementara I Nyoman Wara mendapatkan 14 suara dan satu suara tidak sah. Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menanyakan kepada peserta yang hadir untuk menyetujui Johanis Tanak sebagai pimpinan KPK.

“Izinkan pimpinan menyimpulkan hasil seleksi calon pimpinan KPK periode 2023-2024. Atas nama Johanis Tanak terpilih menjadi anggota Pimpinan KPK 2019-2023, apakah dapat disetujui?,” kata Adies Kadir menanyakan kepada para anggota Komisi III DPR RI.

“Setuju,” jawab seluruh anggota.

“Sekali lagi, setuju?,” diulangi Adies.

“Setuju,” imbuh para anggota Komisi III DPR.

Sebagaimana diketahui, Lili Pintauli sebelumnya mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah dugaan kasus gratifikasi yang melilitnya.

Ia diduga melanggar kode etik karena menerima tiket MotoGP 2022 Mandalika dan mendapatkan fasilitas akomodasi melalui anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Surat pengunduran diri Lili diteken Jokowi pada Juli 2022 lalu. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan