Kelebihan dan Kekurangan dari Investasi Saham

  • Bagikan
Ilustrasi. Saham(thikstockphotos)

FAJAR.CO.ID-- Secara umum, saham merupakan tanda penyertaan modal dari seseorang untuk perusahaan atau perseroan terbatas. Sedangkan investasi adalah penanaman modal atau uang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk saham.

Namun sebuah investasi saham selalu ada risiko untung rugi. Walau begitu, bentuk investasi ini masih menjadi pilihan banyak orang karena mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Apalagi banyaknya investor maupun financial planner sering mengajarkan cara dapat uang 500rb sehari tanpa modal.

Terutama pasca pandemi covid-19 yang melanda tahun 2020 makin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perencanaan keuangan masa depan. Itu terbukti dari banyaknya investor muda bermunculan. Salah satunya adalah investor saham.

Sebelum terjun menjadi investor saham, kenali dahulu kelebihan dan kekurangan dari investasi saham agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai.

Kelebihan investasi saham

1. Tidak membutuhkan biaya perawatan

Investor saham tidak perlu memikirkan biaya perawatan dan sejenisnya. Masalah perawatan sering terjadi kalau Anda memilih investasi properti. Secara keuntungan, properti memang tinggi namun biaya perawatannya pun sama tingginya. Walau begitu bukan berarti investasi saham tidak bisa melebihi properti.

2. Dapat dilakukan seorang diri

Investasi saham dapat dilakukan seorang diri. Anda tidak perlu mencari karyawan untuk membantu masalah investasi.

3. Proses transaksi saham melalui bursa efek Indonesia

Untuk menghindari transaksi yang tidak diinginkan, proses jual beli saham harus melalui Bursa Efek Indonesia. Sebagai informasi, Bursa Efek Indonesia bertugas untuk mengatur jadwal perdagangan efek di pasar modal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan