Penahanan Putri Candrawathi akan Jadi Kewenangan JPU, Fadil Zumhana: Nanti Kalian Bisa Lihat Perkembangannya

  • Bagikan
Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung RI Fadil Zumhana. ANTARA/HO-Puspenkum Kejaksaan Agung.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejagung Fadil Zumhana mengatakan penahanan Putri Candrawathi akan menjadi kewenangan JPU.

Pernyataan itu disampaikan Fadil di tengah keterangan resmi soal status berkas perkara tersangka pembunuhan berencana dan perintangan penyidikan yang sudah dinyatakan lengkap alias P21.

Menurut Fadil, ditahan tidaknya seseorang itu karena dua alasan, yakni objektif dan subjektif.

"Kewenangan JPU (soal penahanan Putri Candrawathi, red). Nanti kalian bisa lihat perkembanganya," kata Fadil di Kejagung, Rabu (28/9).

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi hingga kini belum ditahan meskipun berstatus tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Putri Candrawathi tidak ditahan karena alasan kemanusian.

Fadil mengatakan pihaknya tentu memiliki pertimbangan apakah menahan atau melepas Putri. Adapun pada alasan objektif, kata dia, JPU tidak khawatir Putri melarikan diri, merusak tindak pidana, dan barang bukti atau akan melakukan tindak pidana lainnnya.

"Ini alasan-alasan objektif (Putri tak ditahan, red) tetapi dari segi pasalnya bisa ditahan," ujar Fadil.

Pada alasan subjektif, kata dia, jaksa tidak khawatir Putri Candrawathi tidak melarikan diri. "Untuk tidak melarikan diri ke luar negeri, jaksa yang ditunjuk sudah berkorodinasi dengan bidang intelijen, kalau sudah dinyatakan lengkap untuk melakukan pencekalan melakukan pencegahan agar tidak ke luar negeri," ujar Fadil.

Fadil menegaskan jaksa bisa mengambil langkah itu untuk mengantisipasi Putri Candrawathi ke luar negeri. "Kami akan melakukan pencekalan, pencegahan, terhadap Ibu PC kami persilakan itu sepanjang diperlukan untuk kepentingan memperlancar persidangan di pemgadilan," kata Fadil.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan