Rusia Kerahkan Drone Kamikaze Iran untuk Melancarkan Serangan, Ini Reaksi Volodymyr Zelensky

  • Bagikan
Foto drone Shahed-136 yang dirilis Garda Revolusi Iran pada 2013 lalu. Kini drone kamikaze tersebut digunakan Rusia untuk membombardir Ukraina. Foto: SEPAH NEWS via AFP

FAJAR.CO.ID, KYIV - Drone kamikaze Iran digunakan oleh Rusia untuk melancarkan serangan terhadap Ukraina, sebuah eskalasi mengkhawatirkan dalam perang yang telah berlangsung sejak Februari tersebut.

Kyiv mengkonfirmasi bahwa mereka telah menembak jatuh sejumlah drone Shahed-136 yang diluncurkan Rusia selama akhir pekan. Serhiy Bratchuk, juru bicara administrasi regional Odesa mengatakan:

"Musuh sedang mencoba untuk menghemat rudal … Shaheds ini jauh lebih murah, mereka dapat digunakan lebih sering dan berpasangan."

"Kami melihat bahwa musuh bahkan dapat meluncurkan beberapa drone kamikaze ini untuk satu serangan." Senjata terbang rendah ini, dijuluki drone bunuh diri, telah disebut "jahat" oleh Ukraina yang telah memutuskan kontak diplomatik dengan Iran sejak mereka menemukan senjata baru sedang digunakan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menarik akreditasi duta besar Iran dan memotong staf diplomatiknya di Kyiv.

“Enam dari drone Iran ini dijatuhkan oleh pertahanan udara kami dari komando Timur dan Selatan. Satu lagi dibawa ke darat oleh pertahanan udara angkatan laut… Dan baru saja saya diberitahu tentang jatuhnya oleh pertahanan udara komando Selatan dari serangan drone Iran lainnya,” kata Zelensky.

Iran, yang telah membantah memasok kendaraan udara tak berawak, mengatakan akan menanggapi dengan "tindakan proporsional."

Intelijen Barat menunjukkan bahwa Kremlin telah memasok 1.000 dari 200kg, kendaraan udara tak berawak (UAV) berbentuk sayap delta dari Teheran setelah Moskow menginvasi Ukraina.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan