Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2022, Ini 3 Amalan yang Paling Dianjurkan

  • Bagikan
Ilustrasi peringatan Maulid Nabi

FAJAR.CO.ID-- Satu lagi hari besar yang akan dirayakan oleh sebagian umat Muslim yaitu memperingati Maulid Nabi SAW atau hari kelahiran Rasulullah yang jatuh pada 12 Rabiul Awal kalender Hijriah.

Lalu, kapan hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini? Di laman resmi Nahdatul Ulama (NU) telah menentukan 1 Rabiul Awal jatuh pada tanggal 27 September 2022 kemarin. Ini ditulis dalam Pengumuman Nomor: 029/LF–PBNU/IX/2022 yang dikeluarkan pada Senin (26/9/2022).

Hal tersebut berdasarkan kesaksian perukyat di tiga lokasi yang melihat hilal yakni di Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Pekalongan, Jawa Tengah dan Jakarta Utara.

Ini artinya, Maulid Nabi jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022 tahun ini. Ini berarti hari tersebut jatuh pada akhir pekan. Tidak ada intervensi dari pemerintah seperti akhir pekan pada umumnya.

Jika dibandingkan dengan peringatan Maulid Nabi SAW tahun lalu, ini berbeda karena saat itu terdapat pergeseran hari libur untuk mengurangi penyebaran covid-19.

Adapun amalan-amalan yang dianjurkan untuk memeringati hari lahir Rasulullah seperti berikut ini :

  1. Memperbanyak Shalawat

Amalan pertama yang bisa dilakukan untuk memeringati Maulid Nabi SAW adalah dnegan memperbanyak shalawat kepada Nabi. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah diriwayatkan Imam Ahmad.

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Ahmad)

  1. Dzikir

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umat muslim untuk selalu berdzikir kepada Allah dimanapun dan dalam kondisi bagaimanapun. Sesuai dengan Q.S Al-Ahzab ayat 41-42.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan