5 Keuntungan Penggunaan Sistem Absensi Online untuk Perusahaan

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Perbandingan Absensi Online dengan Absensi Konvensional

Terdapat beberapa perbandingan antara absensi online dengan absensi konvensional, di antaranya sebagai berikut:

  • Jika Anda menggunakan absensi konvensional, Anda harus datang ke tempat untuk absen, sedangkan jika Anda menggunakan absensi online Anda bisa melakukannya di mana pun Anda berada atau multi lokasi.
  • Penggunaan absensi konvensional menjadikan Anda lebih sering melakukan kontak fisik dengan alat absen, sedangkan dengan absesnsi online Anda bisa mengurangi kontak fisik dengan alat. Hal ini juga menjadikan sangat aman di masa pandemi seperti sekarang ini.
  • Absensi konvensional cenderung membuat antrian panjang saat mengisi presensi, sedangkan menggunakan absensi online Anda tidak berlama-lama mengantri karena Anda dapat melakukannya menggunakan ponsel. 
  • Peralatan absensi konvensional cenderung rawan rusak karena seringnya pemakaian, tidak hanya itu, penggunaan absensi konvensional memerlukan perawatan yang rutin. Sebaliknya, dengan menggunakan absensi online Anda tidak perlu khawatir alatnya akan rusak karena absensi ini hanya membutuhkan smartphone Anda.

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan absensi online? Pastinya tertarik dong. Bagaimana tidak, dengan segala keefektifannya absensi online dapat menjadikan masalah pengisian daftar hadir menjadi lebih mudah.

Keuntungan Penggunaan Sistem Absensi Online untuk Perusahaan

Berikut adalah alasan penting mengapa sistem absensi online dibutuhkan oleh HRD dan sangat dibutuhkan untuk pengelolaan data dan administratif karyawan dalam perusahaan.

  1. Akurasi yang lebih baik

Kehadiran manual rentan terhadap kesalahan dan manipulasi manusia. Tak jarang banyak staff mengeluh bahwa mereka mendapatkan data yang salah dari tim HRD, seperti data kehadiran yang tidak akurat. Ketidaktelitian semacam ini akan berdampak pada penghitungan gaji yang akhirnya berdampak buruk bagi semua orang.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi pemilik bisnis mulai menggunakan sistem absensi online. Dengan begitu, pekerjaan tim HRD akan lebih terkelola dan mengurangi human error serta data dan informasi yang disajikan akan lebih akurat.

  1. Lebih efisien

Mengelola data kehadiran secara manual tentunya sangat menyita waktu. Mungkin tidak menjadi masalah jika perusahaan memiliki tidak lebih dari 20 karyawan, tetapi bagi perusahaan yang memiliki ratusan hingga ribuan karyawan, akan menjadi pekerjaan besar. Bayangkan tim HRD harus memproses dokumen spreadsheet dengan ribuan baris.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan