5 Keuntungan Penggunaan Sistem Absensi Online untuk Perusahaan

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Dengan sistem absensi online, tim HRD dapat memantau absensi karyawan dengan mudah. Oleh karena itu, download aplikasi cuti berbasis web agar pekerjaan tim HRD di perusahaan akan lebih efisien karena pencatatan kehadiran dan penghitungan gaji dilakukan secara otomatis.

  1. Mudah untuk memantau jam kerja karyawan

Bekerja dari rumah menyulitkan tim HRD untuk memantau kinerja karyawan. Tidak ada yang tahu apakah karyawan tersebut bekerja atau malah tidur siang. Di sisi lain, hanya memantau karyawan lewat aplikasi messeger seperti WhatsApp mungkin tidak akan optimal.

Berbeda halnya jika memakai sistem absensi online, informasi seperti ketidakhadiran, lembur, dan cuti sakit dapat tersedia dalam sekejap sehingga Anda dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan.

  1. Tingkatkan manajemen karyawan

Aplikasi absensi secara online juga memudahkan tim HR untuk mengurus cuti karyawan. Sistem aplikasi sudah menampung data sehingga staf HRD tinggal masuk ke aplikasi untuk melihat berapa banyak cuti yang tersisa pada karyawan tertentu.

Dengan cara ini, karyawan juga tidak perlu berkali-kali bertanya kepada staf HRD untuk mengetahui berapa banyak sisa cuti yang mereka miliki. Karyawan dapat langsung mengajukan cuti dan mendapat approval dari supervisor.

Tak cuma membantu mengelola cuti, sistem absensi online juga memudahkan pengelolaan semua hal yang berhubungan dengan absensi. Mulai dari penghitungan bonus, lembur, hingga gaji.

  1. Memeriksa keberadaan karyawan

Beberapa sistem absensi online dilengkapi dengan fitur pelacakan GPS yang memungkinkan manajer untuk memeriksa posisi karyawan berada saat jam kerja. Pelacakan GPS sangat penting, terlebih selama kebijakan work from home (WFH) karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan mengetahui fakta bahwa diri mereka selalu dipantau, karyawan dapat fokus pada pekerjaan mereka.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan