Dubes Tiongkok Beber Pertemuan Ini Bakal Jadi Penentu 3 periode Xi Jinping

  • Bagikan
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Xi Jinping diisukan akan menjabat untuk periode ke-3. Kongres Partai Komunis Tiongkok pada 16 Oktober nanti disebut-sebut menjadi titik kritis penentuan keputusan tersebut.

Sejumlah pakar juga mengamati ajang itu akan diproyeksikan sebagai penetapan posisi Xi Jinping.

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang menegaskan hubungan Tiongkok-ASEAN telah membuat langkah besar.

November lalu, Presiden Xi Jinping memimpin KTT Khusus Peringatan 30 Tahun Hubungan Dialog Tiongkok-ASEAN.

“Para pemimpin mengumumkan pembentukan Kemitraan Strategis Komprehensif Tiongkok-ASEAN. Tiongkok dan ASEAN bersama-sama menjunjung tinggi multilateralisme, bekerja sama untuk pemulihan pasca-Covid-19, dan memperdalam kerja sama praktis yang menyeluruh,” katanya dalam keterangan virtual, Rabu (28/9).

Duta Besar Lu mengatakan bahwa Kongres Nasional Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok ke-20 akan diadakan pada 16 Oktober. Ia menyebut momen itu akan menjadi titik kritis.

“Ini adalah konferensi penting pada saat kritis dalam perkembangan Tiongkok,” ujarnya.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, orang-orang Tionghoa dari semua kelompok etnis akan berusaha untuk membangun negara sosialis modern. Momen itu adalah babal baru bagi Tiongkok menjalin hubungan dengan ASEAN.

“Kami akan bersatu untuk pembaruan besar bangsa Tiongkok. Titik awal baru ada di depan kita. Hubungan Tiongkok-Indonesia dan Tiongkok-ASEAN akan memiliki prospek yang lebih menjanjikan. Bersama-sama, kami akan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat kita, sebuah komunitas dengan masa depan bersama untuk Asia, dan keadilan dan kemakmuran bagi dunia,” tuturnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan