Johanis Tanak Resmi Jadi Wakil Ketua KPK, Putra Toraja Lulusan Fakultas Hukum Unhas

  • Bagikan
Johanis Tanak, Wakil ketua KPK yang baru. (Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Johanis Tanak resmi menggantikan Lili Pintauli sebagai Ketua Wakil Ketua Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Johanis berhasil menang atas calon lainnya yakni I Nyoman Wara saat pemilihan di Komisi III DPR RI.

Dari hasil pemungutan suara, Johanis mengungguli I Nyoman Wara dengan total perolehan 38 suara. Sedangkan, I nyoman Wara mendapatkan 14 Suara.

Sebelumnya, mantan Ketua KPK Lili Pintauli mengundurkan diri sebagai setelah diperiksa atas dugaan kasus pelanggaran etik penerimaan gratifikasi MotoGP Mandalika.

Komisi III DPR RI kemudian menetapkan Dr. Johanis Tanak, S.H, M.Hum untuk memimpin KPK. Lalu siapa sebenarnya wajah baru pemimpin KPK itu?

Johanis Tanak merupakan pria keturunan Toraja yang lahir di Poso. Dia adalah anak dari Jusuf Ta'nak yang merupakan purnawirawan polisi dari Sankaropi, Sa'Dan, Tana Toraja.
Sedangkan, ibunya bernama Thabita Sili orang asli To’yasa Akung, Kecamatan Bangkelekila.

Johanis pernah menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. Ia kemudian mendapatkan gelar sebagai Doktor Hukum dari Universiatas Airlangga.

Ia adalah seorang pensiunan jaksa dan pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi di Sulawesi Tengah.

Ia juga menjadi Dirjen Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Dia juga pernah menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi. Pada tahun 2019 lalu, ia sudah sempat ikut menjalani seleksi sebagai calon pimpinan KPK. Namun, tidak mendapatkan suara dari DPR.

Presiden Jokowi kemudian mengusulkan namanya kembali untuk menggantikan Lili Pintauli dengan bersaing dengan lawannya I Nyoman Wara.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan