Nadiem Makarin Klaim Punya Tim Bayangan yang Memiliki Kemampuan Tidak Dimiliki ASN, Pakar Komunikasi Politik: ASN Mohon Bersabar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Pakar komunikasi politik Hendri Budi Satrio sentil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarin soal klaimnya memiliki tim bayangan dengan kemampuan yang tidak dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN).

Melalui akun Twitter pribadinya @satriohendri, ia mengungkapkan rasa penasarannya soal siapa dibalik tim bayangan dimaksud Nadiem.

“Jadi penasaran, siapa aja sih 400 orang tim bayangan Menteri Nadiem yang kata Menteri Nadiem memiliki kemampuan yang tidak dimiliki ASN,” imbuh pria yang akrab disapa Hensat ini.

Karena hal itu, Hensat yang juga dikenal sebagai Dosen Universitas Paramadina ini mengingatkan, agar ASN bersabar atas pernyataan Nadiem.

“Nah, ASN seluruh Indonesia mohon sabar ya, mohon tidak terprovokasi Menteri Nadiem,” ungkapnya.

Diketahui, Nadiem pertama kali membicarakan soal 'shadow organization' saat menghadiri agenda United Nations Transforming Education Summit di markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Saat dipanggil oleh Komisi X DPR RI, Senin (26/9) ia mengakui kesalahannya dalam memilih padanan kata, ia memastikan tim bayangan yang dimaksud sebelumnya adalah vendor.

Mantan bos Gojek itu juga mengklaim tim bentukannya mendapatkan apresiasi dari negara lain, hal ini menurutnya karena baik dalam mengatur birokrasi dalam kementerian.
(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan