Operazi Zebra 2022 Pakai Sistem Tilang Elektonik, Begini Cara Kerjanya

  • Bagikan
Ilustrasi Operai Zebra

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggelar Operasi Zebra 2022 di seluruh Indonesia. Operasi Zebra 2022 yang digelar Korlantas Polri akan berlangsung selama dua minggu alias 14 hari.

Operasi Zebra mulai Senin, 3 Oktober 20022 hingga Minggu, 16 oktober 2022.Para pengendara diminta untuk berhati-hati dan selalu mematuhi aturan lalu lintas.

Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri AKBP Agung Nugroho mengatakan Operasi Zebra 2022 akan mengusung tema ‘Tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi’.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2022, dijelaskannya mekanisme penindakan tidak dilakukan dengan tilang manual, melainkan dengan menggunakan tilang elektronik.

“Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik,” ujarnya dilansir dari laman Korlantas Polri, Kamis, 29 September 2022.

ETLE statis mengandalkan kamera yang dipasang di jalan-jalan umum. Sementara ETLE mobile merujuk pada kamera yang dipegang petugas saat bertugas di lapangan, termasuk pada mobil patroli.

Kamera itu berfungsi mendokumentasikan pelanggaran yang kemudian akan diverifikasi sebelum dikirim ke pemilik kendaraan sesuai pelat nomor. Jika memenuhi berbagai syarat, foto atau video dijadikan barang bukti untuk penindakan pelanggar.

Dijelaskannya, sesuai dengan arahan Kakorlantas Polri, seluruh petugas di lapangan nantinya bekerja dengan mengedepankan penindakan yang bersifat simpatik dan humanis kepada para pengguna jalan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan