Payment Gateway Indonesia: Definisi, Cara Kerja, Manfaat, dan Tips Memilihnya

  • Bagikan
Ilustrasi

FAJAR.CO.ID -- Menjalankan bisnis online tidak hanya mengutamakan soal perencanaan yang matang, menyusun anggaran, ataupun website. Namun, memberikan kemudahan dalam proses pembayaran juga penting, seperti memasang payment gateway. Nah, payment gateway ini adalah sebuah solusi agar proses pembayaran jadi lebih mudah dan efisien. Lalu, apa seberapa besar manfaat yang didapat dari payment gateway untuk bisnis online? Simak pengertian, cara kerja, manfaat, hingga contohnya di artikel ini.

Apa itu Payment Gateway Indonesia?

Payment gateway adalah mekanisme membaca dan mentransfer informasi pembayaran yang dilakukan dari pelanggan ke rekening bank merchant. Layanan ini memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi online. Metode pembayarannya pun beragam, bisa berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, dan gerai minimarket.

Dengan kata lain, payment gateway bertindak sebagai perantara, memfasilitasi transaksi yang aman dan tepat waktu antara pelanggan Anda dan pedagang. Integrasi pedagang dari perangkat lunak yang diperlukan dapat dibuat lebih sederhana dengan gateway pembayaran online. Gateway bertindak sebagai perantara bagi pengakuisisi dan pedagang, mengelola informasi kartu pribadi pelanggan. Karena memungkinkan pembayaran online untuk pelanggan dan bisnis, payment gateway adalah yang membuat ekosistem pembayaran berjalan dengan lancar. Pedagang online tidak perlu menjadi ahli payment gateway, tetapi tetap penting untuk memahami dasar-dasar bagaimana pembayaran online berpindah dari pelanggan ke rekening bank.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan