Pemilu 2024: Nasdem Menggila di Sulsel, Partai Lain Sulit Menghalau Termasuk Golkar

  • Bagikan
Ketua Nasdem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Satu tahun terakhir ini, gerilya politik partai Nasdem sangat eksis diberbagai macam momentum.

Partai ini cukup berhasil menarik simpati publik di tiap manuver politik yang dilakukan oleh partai besutan Surya Paloh itu.

Seperti aksi sosial yang dinilai cukup responsif dan juga aneka kegiatannya yang tergolong massif.

Pengamat politik, Ras Md mengatakan, eksistensi partai Nasdem di Sulsel yang selalu tampil memukau tidak terlepas dari kepiawaian sang nahkoda dan juga para elit yang menyokong partai ini. Adalah Rusdi Masse, sang mantan Bupati Sidrap dua periode yang duduk di DPR RI Senayan.

"Dia mampu menjadi lokomotif yang baik bagi partai Nasdem, tahu persis apa yang mesti dilakukan oleh partainya. Bagaimana menjemput aneka aspirasi publik dengan baik," kata Ras, Kamis (29/9/2022).

Varibel lain, lanjut Ras, Rusdi Masse dinilai cukup berhasil membangun kekuatan elit lokal. Sehingga, kekuatan Nasdem mulai mengakar diberbagai daerah di Sulsel.

Ras menjelaskan, kebangkitan partai Nasdem menuju pemilu 2024 diproyeksi akan makin kuat lagi bahkan potensial menjadi partai pemenang di Sulsel pada pemilu mendatang.

Menurutnya, jika DPP Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, maka efeknya sangat besar dampaknya terutama di wilayah Sulsel.

"Tentu, situasi ini akan mempersulit langkah politik bagi partai lain untuk menghalau kemenangan Nasdem di Sulsel. Golkar sekalipun yang dikenal sebagai partai besar di Sulsel, diproyeksi akan kalah dari Nasdem. Apalagi dengan aksi-aksi politiknya tidak begitu menarik bagi publik," terangnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan