Satu Kampung dengan Brigadir Joshua, Ini Alasan Rasamala Aritonang Jadi Pengacara Ferdy Sambo

  • Bagikan
Rasamala Aritonang ([email protected] febridiansyah)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Nama pengacara Rasamala Aritonang ikut jadi sorotan usai memutuskan jadi pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Selain karena pernah menjadi Pegawai KPK, Rasamala ternyata berasal dari kabupaten yang sama dengan almarhum Brigadir Joshua Hutabarat dan Rasamala Aritonang. Tepatnya dari Kabupaten Toba, Sumut.

Kampung Rasamala Aritonang diketahui ada di Desa Parsuratan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba , Sumatera Utara.

Setelah mundur dari KPK, Rasamala saat ini menjadi dosen di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Rasamala mengajar di Fakultas Hukum untuk mata kuliah studi antikorupsi.

Rasamala Aritonang juga terkadang menjadi narasumber di sejumlah diskusi publik terutama soal antikorupsi.

Rasamala merupakan mantan Tim Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia setuju bergabung sebagai kuasa hukum Ferdy Sambo karena memiliki beberapa pertimbangan.

“Pertimbangannya terutama karena Pak Ferdy telah bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya yang ia ketahui terkait kasus ini di persidangan nanti,” ujar Rasamala saat dikonfirmasi, Rabu (28/9/2022).

Selain itu, pertimbangan lain karena adanya berbagai dinamika yang terjadi dalam kasus ini termasuk temuan dari Komnas HAM.

Pertimbangan ketiga karena Ferdy dan Putri adalah warga negara Indonesia yang punya hak yang sama seperti warga negara lainnya.

“Sehingga terlepas dari apa yang disangkakan terhadapnya, maka ia juga berhak diperiksa dalam persidangan yang objektif, fair dan imparsial, termasuk mendapatkan pembelaan yang proporsional dari penasihat hukum yang ia pilih,” ucap Rasamala lagi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan