Sumur Resapan Dituding Tak Efektif Atasi Banjir DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria Bilang Pakar dan Masyarakat Terdampak Lebih Tahu

  • Bagikan
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria merespons pernyataan anggota DPRD DKI yang menganggap program sumur resapan tak mampu atasi banjir di Jakarta. Menurutnya, efektivitas sumur resapan untuk mengatasi banjir lebih tepat jika dinilai oleh pakar di bidangnya.

Ariza menegaskan, Pemprov mempunyai konsep, dasar, dan pendapat dari tenaga ahli saat memutuskan melakukan program-program pengendalian banjir di Jakarta. Termasuk saat memutuskan menjadikan sumur resapan sebagai proyek utama dalam mengatasi banjir di ibu kota.

“Pemprov punya tenaga ahli, punya konsep, dasar, terhadap upaya program pengendalian banjir macam-macam. Tidak hanya satu, tapi macam-macam,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/9).

Dengan begitu, ia meminta semua pihak mencermati efek dari adanya sumur resapan untuk atasi banjir di Jakarta. Ia yakin bahwa penilaian terhadap efektivitas sumur resapan itu akan lebih diketahui masyarakat yang terdampak dan para pakar yang lebih tahu masalah tersebut.

“Masalah efektif atau tidak, masyarakat nanti yang mengetahui dan para pakar di bidangnya yang lebih tahu. Program apa saja yang dibuat Pemprov DKI yang betul-betul memberikan kontribusi signifikan tentang pengendalian banjir di ibu kota,” tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Justin Adrian menyatakan bahwa program sumur resapan tidak efektif untuk dijadikan proyek utama dalam hal pengendalian banjir. Menurutnya, seharusnya Pemprov DKI lebih mengutamakan rehabilitasi dan perluasan tampung alir air.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan