Di Mana Soekarno dan Soeharto saat G30S PKI Terjadi?

  • Bagikan

Dia mengaku bertanya kepada Letkol Heru, jam berapa operasi akan dilaksanakan. Heru menjawab, operasi bisa terjadi pada pukul 23.00, 01.00 atau 04.00.

“Kami heran, sudah lebih dari 24 jam kok (operasi) itu belum dipastikan waktunya. Kemudian ada yang menanyakan daftar yang akan diculik, disebutkan Ahmad Yani, Nasution, D.I. Panjaitan dan seterusnya,” jelasnya.

Menurutnya, jika orang ingin melakukan pemberontakan, hendaknya yang menjadi sasaran penculikan adalah jenderal yang memegang komando seperti Yani (Menpangad), Soeharto (Pangkostrad), Sarwo Edie (Komandan RKPAD), Umar Wirahadikusumah (Pangdam Jaya).

“La, Nasution kan nggak pegang komando. Saya pribadi tambah merasa aneh karena Nasution dan A.Yani dalam satu paket sasaran, padahal keduanya bertentangan terus,” tambahnya.

Sekitar pukul 07.00 pada 1 Oktober 1965 kata dia, tiba-tiba ada siaran dari RRI tentang gerakan yang menamakan diri G30S. Soekarno dijaga pasukan yang tidak ketahui saat itu mau pulang ke Istana juga tak bisa. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan