Jokowi ke Sri Mulyani: Minta APBN Dijaga Penggunaannya, Kamrussamad Singgung Alokasi PMN ke BUMN Rp59 Ribu Miliar

  • Bagikan
Kamrussamad

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi dalam acara UOB Economic Outlook 2023 menyampaikan pesan kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani, agar APBN dijaga hati-hati penggunannya.

Menanggapi arahan Presiden Jokowi, Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menyinggung alokasi PMN kepada BUMN yang mencapai Rp59 ribu miliar.

"Arahan Presiden Jokowi agar APBN dieman-eman, merupakan peringatan agar APBN digunakan secara hati-hati. Tepat sasaran. Dan memberikan dampak langsung bagi masyarakat. Tapi sayangnya, ini tidak tercermin dalam implementasinya," beber politisi Gerindra ini, Jumat (30/9/2022).

Kamrussamad merinci, untuk 2022, jika ditotal PMN tunai jumlahnya Rp59 triliun. "Alokasi PMN ini sangat tinggi. Konsisten sejak 2015. Kalau begitu, dimana eman-emannya?" tanyanya.

Sejak 2015, beber anggota Komisi XI DPR RI ini, total alokasi PMN mencapai Rp 311 triliun, baik dari tunai maupun non-tunai. "Jangan sampai APBN 2022 ini dieman-eman untuk subsidi, tapi tidak dieman-eman untuk PMN. Masyarakat akan bingung melihatnya," tegasnya.

"Di tengah efisiensi yang sedang diterapkan pemerintah, PMN sebesar ini tentu sangat istimewa,"pungkas Kamrussamad. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan