Jokowi Teken Surat Pemecatan Ferdy Sambo, Ma’ruf Amin Minta Percepat Sidang

  • Bagikan
Presiden Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Berkas perkara Ferdy Sambo Cs, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung. Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin pun berharap kasus ini segera disidangkan.

“Ya saya kira memang masyarakat menunggu ya supaya dipercepat saja, supaya dipercepat persidangannya,” kata mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Ma'ruf Amin mengakui bahwa kasus yang menyita perhatian luas masyarakat Indonesia itu, sudah tentu ditunggu proses persidangannya di pengadilan.

Apalagi, sejauh ini masyarakat bertanya-tanya kapan kasus pembunuhan Brigadir Joshua yang dilakukan Ferdy Sambo itu disidangkan.

“Masyarakat (menunggu) kapan (sidang kasus), ini kok lama sekali, barangkali itu. Kalau sudah semua siap segera saja disidangkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyatakan kasus dugaan pembunuhan berencana dan Obstruction of Justice telah lengkap alias P21. Dengan demikian, setelah para tersangka diserahkan Bareskrim Polri kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung, proses persidangan kasus ini tidak lama lagi bisa dilakukan.

Kejaksaan juga akan menggabungkan berkas perkara Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan dan obstruction of justice untuk mempersingkat persidangan. Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Fadil Zumhana di Kejaksaan Agung RI, Rabu, 28 September 2022.

“Syarat formil sudah terpenuhi, kami menyatakan berkas perkara lima tersangka lengkap atau P21,“ ujarnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, sejak awal timsus memang berkomitmen mengusut tuntas kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan