Masa Berlaku Paspor Indonesia Kini 10 Tahun, Ini Cara dan Syarat Mengurusnya

  • Bagikan
Ilustrasi Paspor Indonesia

FAJAR.CO.ID -- Masa berlaku paspor Indonesia diperpanjang dari 5 tahun menjadi 10 tahun. Biaya pembuatannya pun ditetapkan sebesar Rp350 ribu untuk paspor biasa 48 halaman dan paspor elektronik 48 halaman sebesar Rp650 ribu. Pengurusan paspor dapat selesai pada hari yang sama, asal tambah biaya.

Masa berlaku paspor 10 tahun mulai berlaku sejak Kamis (29/9/2022). Kementerian Hukum dan HAM juga memberikan layanan percepatan pengurusan paspor.

Pengurusan paspor dapat selesai pada hari yang sama, asal tambah biaya sebesar Rp1 juta. Biaya layanan percepatan pengurusan paspor ini di luar biaya penerbitan paspor.

Perpanjangan masa berlaku paspor dan biayanya tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor yang diterbitkan 29 September 2022.

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh mengatakan segera memberikan informasi melalui siaran pers soal detail pengurusan paspor Indonesia berlaku 10 tahun.

Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor menetapkan paspor berlaku 10 tahun hanya diberikan kepada warga negara Indonesia atau WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Kemenkumham juga mengatur masa berlaku paspor bagi anak berkewarganegaraan ganda. Masa berlakunya tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.

WNI yang ingin bermohon paspor biasa dan berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia bisa mengajukan kepada menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk pada kantor imigrasi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan