Pesona Bismillah

  • Bagikan
Ilustrasi Bismillah.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Basmalah atau Bismillah merupakan pintu Alquran. Sebagai ayat yang paling istimewa sebab setiap sebelum memulai ayat pertama pada surah selanjutnya, semua diawali dengan bismillah.

Berbicara dengan kalimat bismillah, sudah tidak asing lagi di telinga dan pikiran umat Islam. Suatu keharusan untuk membacanya di setiap aktivitas agar memperoleh keberkahan.

Pesona bismilah mampu melahirkan begitu banyak keutamaan. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim sangat dianjurkan dilafalkan saat hendak memulai sesuatu. Ini bertujuan selain untuk memohon kebaikan dan keberkahan di setiap hal yang dilakukan. Keutamaan membaca Bismilah di antaranya adalah:

Pembatas dengan setan, membaca bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Dengan mengawali segala hal dengan Bismillahirrahmanirrahim, setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, umat Muslim akan terhindar dari perlilaku buruk dan menyimpang dari agama.

Pembuka rezeki, arti bismillah juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan bisa lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

Mencegah musibah, dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan