Pemerintah Salahkan Faktor Luar Negeri Pengaruhi Inflasi, Rizal Ramli: Itu Kesalahan Kebijakan Jokowi

  • Bagikan
Rizal Ramli (Twitter)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Ekonom Rizal Ramli sentil pemerintah soal narasi yang menyebut inflasi di Indonesia karena dipengaruhi luar faktor luar negeri.

Melalui akun Twitter pribadinya, pakar ekonomi sekaligus politisi ini menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani (SMI) dan Menteri Kordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

“Kok tiba-tiba @jokowi, SMI dan LBP menyebar ketakutan inflasi, stagflasi dengan menyalahkan faktor-faktor internasional,” cetus Rizal Ramli, Jumat (30/9/2022).

Menurutnya, narasi yang menyebut stagflasi karena pengaruh faktor luar, mengaburkan fakta bahwa sebenarnya hal itu disebabkan kebijakan pemerintah.

“Kok ndak jujur untuk jelaskan bahwa resiko-resiko stagflasi karena kesalahan kebijakan @jokowi, situ jor-joran bangun infrastruktur dengan utang ugal-ugalan, naikkan harga BBM dan listrik,” jelas pria yang dikenal dengan sebutan RR ini.

Pada unggahan yang sama, ia juga menautkan sebuah poster dengan pose dirinya sedang berbicara.

Poster itu berisi kutipan RR soal pelemahan rupiah dan ketergantungan Indonesia dengan utang.

“Pelemahan rupiah terhadap dolar saat ini, bukan sesuatu yang sulit diprediksi. Indonesia punya ketergantungan utang yang sangat besar dan rentan terhadap gejolak tingkat bunga. Fundamental ekonomi Indonesia masih lemah,” isi kutipan pada poster tersebut.(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan