Pesan Hari Kesaktian Pancasila dari Sudjiwo Tejo, Tajam Menyentil

  • Bagikan
Sudjiwo Tejo / Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tepat hari ini, Sabtu 1 Oktober 2022 bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Semua mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan revolusi dan pejuang-pejuang yang telah gugur.

Hari Kesaktian Pancasila juga turut diperingati budayawan kondang Sudjiwo Tejo. Lewat unggahannya di Instagram, dalang, aktor sekaligus penulis itu memberi pesan dengan gaya bahasa satir menyentil untuk warga jagat maya.

"Met Hari Kesaktian Pancasila. Semoga beliau sakti karena di tengah berbagai godaan untuk sirna sungguh-sungguh tetap ada dan nyata dalam berbagai sendi kehidupan bersama," kata Sudjiwo Tejo di Instagram dikutip pada Sabtu (1/10/2022).

Bukan nama dan gambarnya saja yang masih ada, Tejo membeberkan faktanya tak berdenyut dalam kehidupan bersama.

Instagram @president_jancukers

"Lalu kita menghibur diri sendiri untuk menyebutnya masih ada dan sakti," tegas pria bernama asli Agus Hadi Sudjiwo itu.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tak terlepas dari Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI.

Pada peristiwa tersebut, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia.

Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI pada akhirnya berhasil diredam oleh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan