Najwa Shihab Tegaskan Korban Amat Sangat Banyak, Klise Kalau Hanya Evaluasi Permukaan

  • Bagikan
Najwa Shihab Soroti tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Najwa Shihab ikut bereaksi atas tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang. Presenter program Mata Najwa itu menegaskan jumlah korban akibat tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang sangat banyak.

Melalui akun Instagram Najwa Shihab menuliskan "Satu nyawa pun sudah terlalu banyak, sudah amat sangat banyak. APALAGI INI. Evaluasi, evaluasi, evaluasi. Klise? Jelas klise kalau evaluasinya cuma di permukaan," tulis Najwa Shihab, Minggu (2/10/2022).

Najwa Shihab menambahkan, "Apalagi kalau direaksi hanya dengan liga berhenti sesaat… lalu berlanjut seperti sedia kala, seakan semuanya baik-baik saja, hanya karena sudah mengeluarkan sanksi, sanksi, dan sanks," tulis Najwa Shihab.

Putri Quraish Shihab itu pun meminta pemerintah maupun pihak terkait buat melakukan evaluasi besar-besaran.

Evaluasi itu pun bukan jalan keluar jika hanya mencari "kambing hitam" yang patut disalahkan atas tragedi yang menelan korban dengan laporan terbaru sudah mencapai 182 orang.

"Tidak ada evaluasi jika responsnya hanya menyalahkan dan menghukum mereka yang paling rentan, sama sekali tidak menyentuh mereka yang punya kewenangan, dan berakhir hanya dengan semata ucapan belasungkawa. Ratusan nyawa yang hilang ini tragedi luar biasa besar," katanya.

Banyaknya korban tewas akibat kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang membuat Najwa Shihab menilai tragedi yang terjadi bukan lagi tragedi bagi sepakbola Indonesia.

"Ini bukan lagi tragedi bagi sepakbola Indonesia, ini sudah tragedi bagi bangsa Indonesia. Langkah-langkah luar biasa mutlak dilakukan oleh semua otoritas tertinggi di negeri ini untuk menghukum yang bersalah, merombak yang memang harus dirombak,"

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan