Ratusan Nyawa Melayang Akibat Tragedi Kanjuruhan, Najwa Shihab: Ini Sudah Tragedi bagi Bangsa Indonesia

  • Bagikan
Najwa Shihab / Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Jurnalis senior Najwa Shihab turut berkomentar terkait tragedi yang menelan ratusan korban di stadion Kajuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) kemarin.

"Satu nyawa pun sudah terlalu banyak, sudah amat sangat banyak. APALAGI INI. Evaluasi, evaluasi, evaluasi. Klise? Jelas klise kalau evaluasinya cuma di permukaan," ujar Najwa Shihab dikutip dari unggahan instagramnya, @najwashihab (2/10/2022).

Tambah Nana sapaan akrabnya, jika reaksi yang diberikan PT LIB hanya pemberhentian sesaat pada Liga. Maka tidak akan berefek pada oknum yang kerap melakukan perusuhan.

"Apalagi kalau direaksi hanya dengan liga berhenti sesaat… lalu berlanjut seperti sedia kala, seakan semuanya baik-baik saja, hanya karena sudah mengeluarkan sanksi, sanksi, dan sanksi," tambahnya.

Menurutnya, tidak ada evaluasi jika responsnya hanya menyalahkan dan menghukum mereka yang paling rentan, sama sekali tidak menyentuh mereka yang punya kewenangan, dan berakhir hanya dengan semata ucapan belasungkawa.

"Ratusan nyawa yang hilang ini tragedi luar biasa besar. Ini bukan lagi tragedi bagi sepakbola Indonesia, ini sudah tragedi bagi bangsa Indonesia," tandasnya.

"Langkah-langkah luar biasa mutlak dilakukan oleh semua otoritas tertinggi di negeri ini untuk menghukum yang bersalah, merombak yang memang harus dirombak," sambungnya.

Lanjut Nana pada unggahanyya, kalimat "ini tanggung jawab BERSAMA". Artinya, tidak ada yang bertanggungjawab. Menyiratkan keinginan lepas tangan.

"Jadi mari kita kawal sama-sama. Tragedi ini wajib diusut tuntas. Duka saya untuk semua korban di Kanjuruhan. Hati dan perasaan saya bersama semua keluarga yang kehilangan," pungkasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan