Simulasi Tanpa Anies Baswedan, Pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir Teratas

  • Bagikan
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis data terbaru terkait potensi capres di pilpres 2024 mendatang. Survei kali ini dengan melakukan simulasi pasangan capres.

Simulasi pasangan capres yang dilakukan melalui survei tertutup LSI itu, memunculkan tiga poros pasangan capres dan cawapres di pilpres 2024.

Dari simulasi yang dilakukan LSI, pasangan Prabowo-Erick Thohir selalu berada di posisi teratas dengan angka eletabilitas tertinggi. Dari simulasi tiga pasangan capres itu, nama Anies Baswedan tidak dimunculkan.

Pasangan capres yang disimulasikan itu yakni; Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Ketua Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto-Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan terdapat tiga bentuk poros koalisi, hal ituberdasarkan perkembangan dinamika partai politik (parpol) saat ini. Ketiganya juga sudah memenuhi persyaratan untuk dapat mengusung pasangan calon pada Pilpres 2024.

“Asumsinya adalah saat ini sudah ada tiga koalisi yang cukup kelihatan, yaitu koalisi Gerindra dan PKB, koalisi KIB (koalisi Indonesia Bersatu), dan PDIP yang memiliki cukup tiket,” kata Djayadi Hanan dilihat dalam rilis survei nasional LSI “Kondisi Ekonomi dan Peta Politik Menjelang 2024”.

Melalui potensi-potensi tersebut, lanjut Djayadi, yang menjadi langkah pijakan awal untuk membuat simulasi pemilihan secara tertutup. Tentunya dengan memunculkan nama calon yang memiliki kedekatan erat dan posisi strategis di ruang lingkup parpol.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan