Tragedi Kanjuruhan Sangat Memilukan, Berikut Belasan Peristiwa Mengerikan Lainnya di Dunia Sepak Bola

  • Bagikan
INT

FAJAR.CO.ID -- Tragedi mengerikan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (1/10/2022) usai pertandingan Liga 1 BRI antara tim Arema Malang melawan Persebaya Surabaya. Puluhan suporter tim Arema memaksa masuk ke lapangan usai pertandingan.

Ini tentu tragedi yang sangat memilukan di dunia olahraga. Namun, ini bukan pertama kalinya terjadi tragedi dalam olahraga yang memakan puluhan hingga ratusan korban. Berikut daftar peristiwa memilukan yang terjadi dalam bidang olahraga.

  1. Tragedi di Stadion Nasional Lima, Peru

Kerusuhan suporter bola terbesar sepanjang masa pernah terjadi di Stadion Nasional Lima, Peru pada 24 Mei 1964. Pada saat itu, digelar pertandingan Peru dengan Argentina dalam babak final kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Jumlah penonton yang resmi tercatat mencapai 47.197 orang. Tim Argentina akhirnya unggul terlebih dahulu. Tim Peru kemudian berhasil menyamakan kedudukan. Namun, wasit Ángel Eduardo Pazos Bianchi membatalkan gol tersebut.

Ini kemudian menyulut amarah suporter. Akibatnya, beberapa penonton melompat ke lapangan guna melayangkan protes kepada wasit yang dianggap tidak adil dan lebih condong kepada kemenangan Argentina. Kedua kubu penggemar kemudian saling pukul dan tikam menggunakan tongkat dan pisau.

Melihat massa yang semakin besar memasuki lapangan, petugas kemudian mulai melepaskan anjing. Tidak sampai di situ, petugas kemudian melepaskan gas air mata. Penonton kemudian tidak dapat kabur karena pintu stadion yang tertutup. Ini kemudian memakan menyebabkan 328 orang tewas dalam tragedi ini termasuk anak-anak dan orang tua.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan