Tragedi Kanjuruhan Sangat Memilukan, Berikut Belasan Peristiwa Mengerikan Lainnya di Dunia Sepak Bola

  • Bagikan
INT
  1. Stadion Kanjuruhan Malang, Indonesia

1 Oktober 2022 menjadi tragedi besar dalam dunia olahraga Indonesia. Pertandingan yang mempertemukan Arema dengan Persebaya berakhir memilukan. Suporter Arema memasuki arena pertandingan yang mengakibatkan kerusuhan tak bisa dihindari.

Jumlah petugas yang tidak sebanding dengan suporter mengharuskan penggunaan gas air mata oleh petugas. Tidak hanya itu, tim medis yang tersedia juga tidak memadai jumlahnya. Akibatnya 127 orang dikabarkan tewas dalam tragedi ini.

Deadliest Soviet Matches in History kemudian mencatat ini sebagai tragedi paling banyak kedua memakan korban jiwa di dunia olahraga. Ini tentu menjadi catatan kelam bagi sepakbola tanah air.

  1. Stadion Accara Ghana, Afrika

Pada 9 Mei 2001 di Stadion Accara Ghana Afrika dilaporkan sebanyak 126 penggemar sepak bola tewas dalam insiden kerusuhan. Saat itu berlangsung pertandingan antara Hearts of Oak dengan Asante Kotoko.

Asante Kotoko berhasil mencetak gol pertama kali, lalu disusul dua gol dari lawan yang menjadikan tuan rumah unggul dalam pertandingan. Para pendukung Asante Konoko kemudian mulai merusak pagar tribun pada lima menit terakhir pertandingan.

Petugas menanggapi aksi dari para suporter dengan menembakkan gas air mata. Penonton yang mulai panik berusaha menyelamatkan diri. Namun, ternyata gerbang stadion terkunci yang mengakibatkan suporter tidak bisa keluar. Korban tewas kemudian tidak bisa terhindarkan.

  1. Hillsborough, Inggris

Insiden memilukan lainnya pernah terjadi di Inggris pada 15 April 1989 saat laga Liverpool lawan Nottingham Forest dalam laga semifinal Piala FA di Hillsborough Stadium. Namun, pertandingan berhenti di tengah-tengah karena jumlah suporter membludak hingga ke area pertandingan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan