Anies Baswedan Capres Partai Nasdem, KPK Pastikan Kasus Formula E Jalan Terus

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Deklarasi Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh yang mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres di pilpres 2024, tidak berpengaruh pada kasus Formula E.

KPK menegaskan, dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta untuk menjadi capres 2024 dari Partau Nasdem, tidak mempengaruhi proses hukum yang tengah dilakukan KPK pada Formula E.

"Apakah deklarasi capres tersebut akan menghalangi KPK untuk menghentikan atau melanjutkan proses ini? Tidak," tegas Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat di Gedung KPK, Jakarta, seperti dikutip fin.co.id dari akun Twitter resmi @KPK_RI Senin 3 Oktober 2022.

Alex menyatakan, KPK tetap on the track pada dugaan penyelewengan Formula E. Terlebih proses pencapresan itu baru tahap awal. Bahkan, kata Alex, belum tentu dicalonkan pada saat pendaftaran ke KPU.

"Saya pastikan proses penyelidikan akan terus berlanjut. Sampai ditemukan satu titik terang apakah itu perkara pidana atau sebatas pelanggaran administrasi, atau mungkin perdata. KPK tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan sebagai capres oleh salah satu parpol," papar Alex.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang resmi diusung Partai NasDem sebagai capres (calon presiden) 2024.

Jokowi tidak mau menjawab dengan alasan saat ini Indonesia sedang dalam suasana duka pasca meninggalnya 125 suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Saya tidak, saya tidak, saya tidak ingin berkomentar. Karena kita masih dalam suasana duka," ucap Jokowi singkat saat berkunjung ke Batang, Jawa Tengah, Senin, 3 Oktober 2022.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan