Hari Ini NasDem Siap Deklarasikan Capres 2024, Anies atau Ganjar?

  • Bagikan
Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh di acara Rakernas Nasdem.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai NasDem bakal mendeklarasikan sosok calon presiden (capres) yang akan diusung dalam Pilpres 2024 di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin (3/10/2022)

Deklarasi calon presiden tersebut rencananya akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Sebelumnya deklarasi dikabarkan akan dilakukan pada 10 November, namun nyatanya akan dilakukan lebih awal.

Bahkan, Surya Paloh sendiri telah berdiskusi panjang dengan salah satu lembaga survei yakni Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

Diskusi ini diduga untuk konsultasi soal kondisi perpolitikan Indonesia agar NasDem dapat mengambil langkah yang tepat.

“Thanks buat diskusi panjang dan keterbukaannya bang SP, Selamat buat keputusan baru yg akan diumumkan @NasDem besok,” tulis Mas Toto-sapaannya.

Diketahui, NasDem tak bisa mengusung kandidat capres sendiri di Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, NasDem hanya meraih 9,05 persen suara pada Pemilu 2019.

Sementara itu, syarat ambang batas pencalonan presiden yaitu memiliki 20 persen kursi di DPR RI atau 25 persen suara sah nasional.

Sehingga, pada rakernas Juni lalu, NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal capres diantaranya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

Dalam kegiatan yang dihadiri para petinggi partai tersebut, sebanyak 34 DPW Partai NasDem telah menyerahkan sejumlah nama bakal calon presiden (capres) 2024.

Terdapat lima nama yang menjadi rising star, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Jenderal Andika Perkasa, dan Rachmat Gobel.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan