Sosoknya Ramai di Bicarakan Usai Tragedi Kanjuruhan, Ini Dia Rekam Jejak Sosok Nugroho Setiawan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR -- Sosok Nugroho Setiawan saat ini ramai dibicarakan. Ia merupakan satu-satunya orang Indonesia yang mengantongi lisensi FIFA Security Officer dan mengerti safety dan security pertandingan.

Dilansir dari situs Resmi PSSI, Nugroho Setiawan memulai debutnya di dunia keamanan sepak bola terjadi kala ia dipercaya menjadi 'security officer' Pelita Jaya tahun 2008.Dulunya, Pelita Jaya jadi satu-satunya klub di Liga Super Indonesia (LSI) yang resmi memiliki ‘security officer’.

Selang setahun bersama Pelita Jaya, Nugroho Setiawan kemudian bergabung dengan pengelola kompetisi liga sebagai konsultan.

Dalam prosesnya, Nugroho Setiawan biasanya dilibatkan dalam pertandingan seremonial dan pertandingan berstatus 'high risk'.

Selain bergelut dalam dunia sepakbola, Nugroho Setiawan juga merupakan konsultan ahli di bidang manajemen pengamanan di PLN, Sucofindo, dan perusahaan-perusahaan penyedia jasa keamanan.

Selain itu, pria yang kini masuk jajaran FIFA Hygiene Officer sebagai security officer AFC juga pernah jadi pengajar sertifikasi untuk manajer keamanan.

Dirinya pernah pernah mengungkap bahwa sepak bola belum bisa menjadi sarana rekreasi dan hiburan untuk keluarga.

"Sepak bola ini stakeholdernya banyak. Mulai panitia penyelenggara, media, suporter, hingga aparat kepolisian.

Semua harus benar-benar komitmen mengenai masalah keamanan,"kata Nugroho Setiawan.

Menurutnya, aspek keamanan pertandingan di Indonesia yang masih jauh dari yang sebagaimana harusnya.

"Menyepelekan satu hal kecil tentang keamanan bisa berarti membuka celah untuk sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dalam sebuah pertandingan,"ungkapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan