3 Tahapan Pemberian Pengobatan ARV untuk Mempertahankan CD4 Bagi Penderita HIV

  • Bagikan
Ketua Satgas Covid 19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Salah-satu penyakit mematikan di dunia adalah Human Immunodefeciency Virus (HIV) yang dapat berkembang menjadi Aquired Immunodefeciency Syndrome (AIDS).

Penderita HIV biasanya harus rutin mengonsumsi obat-obatan antiretroviral (ARV). Ini kemudian akan mnegurangi dampak virus dan bisa mencegah penularan ke orang lain.

Dalam tubuh terdapat sel bernama CD4 yang merupakan suatu sel untuk sistem imun untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Pemyakit HIV menyerang sistem imun ini. Penggunaan ARV akan menjaga kadar CD4 tetap normal.

Dalam postingannya, Profesor Zubairi Djoerban membahas tentang HIV.

"Seseorang yang terdiagnosis HIV dua bulan lalu bertanya kepada saya mengenai CD4 yang aman untuk ke jenjang pernikahan. Dia telah menjalani pengobatan ARV dan mengaku badannya tak pernah sakit-sakitan lagi," tulis Prof Zubairi.

Dia kemudian menjelaskan bahwa untuk menentukan keberhasilan pengobatan yang diterima penderita, terdapat 3 parameter penting.

  1. Viral Load
    Pertama adalah dilakukan tes bernama Viral Load. Viral Load ini untuk mengukur jumlah virus yang turun bagi penderita yang telah mendapatkan perawatan ARV.

Jumlah virus yang dapat dideteksi tergantung pada alat yamg digunakan. Jika jumlahnya cukup kecil, biasanya alat tidak bisa membacanya. Namun, hal ini tidak berarti virus seepnuhnya hilang dari tubuh.

  1. Rontgen Dada

Penyakit HIV menyerang sistem imun tubuh. Gejala awalnya hampir mirip dengan flu biasa. Menurut prof Zubairi, penyakit ini juga biasanya disertai dengan Tubercullocis (TBC).

Untuk mengetahui bahwa tidak ada komplikasi dari penyakit ini, dibutuhkan tindakan rontgen dada untuk melihat kondisi paru-paru.

  1. Tes-Anti HCV Total
    Virus Ini juga bisa menyebabkan penderitanya terkaena Heptitis C. Imun yang menurun tentu sebabkan beragam jenis virus bisa masuk ke tubuh.

Untuk mengetahui keberhasilan pengobatan ARV dalam mempertahankan CD4 tes Anti-HCV total juga diperlukan sebelum penderita mnedapatkan pengobatan lanjutan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan