Badai Ian Tewaskan Ratusan Orang di AS, FEMA Luncurkan Operasi Skala Besar

  • Bagikan
PORAK-PORANDA: Warga membersihkan puing-puing setelah badai Ian menerjang Pantai Fort Myers, Florida, AS (AFP)

FAJAR.CO.ID, PUERTO RIKO -- Badai Ian yang menejang Amerika Serikat sangat terasa. Kerusakan yang ditimbulkan akibat badai itu juga sangat banyak.

Banyaknya wilayah wilayah yang terdampak dari badai ini meliputi Florida, North Carolina, dan wilayah teritorial AS Puerto Riko. Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) pun meluncurkan operasi penyelamatan skala besar di wilayah-wilayah terdampak.

Presiden AS Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, direncanakan berkunjung ke Puerto Riko, Senin (3/10) waktu setempat. Dilanjutkan bertolak ke Florida pada Rabu (5/10).

Dari data yang dihimpun, jumlah korban jiwa akibat badai ini di Puerto Riko sejauh ini mencapai 25 orang. Selain mengakibatkan puluhan korban jiwa, aliran listrik di wilayah itu juga terputus.

Sedang korban jiwa di wilayah Florida dilaporka lebih parah lagi. NBC News melaporkan korban tewas mencapai 83 orang. Badai dahsyat ini juga mengakibatkan aliran listrik padam. Akibatnya, 746.049 pelanggan listrik di wilayah ini tidak bisa menikmati penerangan.

Adapun di wilayah North Carolina, empat orang dilaporkan tewas. Evakuasi dan pencarian aset korban masih dilakukan dari satu rumah ke rumah lainnya.

”Kami sebelumnya diposisikan untuk melakukan (skala) pencarian dan penyelamatan aset terbesar dan saya rasa kami belum pernah melakukan ini sebelumnya,” ujar Kepala FEMA Deanne Criswell.

Tim Pencarian dan Penyelamatan Perkotaan FEMA, penjaga pantai, Departemen Dalam Negeri, serta Departemen Pertahanan akan bekerja sama dengan pejabat Florida untuk mencari orang-orang yang masih hilang.
Gubernur Florida, Ron DeSantis menegaskan bahwa setidaknya 1.100 upaya evakuasi dilakukan di Florida sejak badai melanda.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan