Fakta Negara Guam, Punya Hubungan Dekat dengan Indonesia

  • Bagikan
Timnas Guam (Instagram)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR -- Fakta lawan Timnas Indonesia U-17 yang kemarin berhasil di kalahkan dengan skor sangat telak yakni Guam. Ternyata belum banyak diketahui orang.

Negara Guam terlerak di Samudera Pasifik, yang mana berada di antara Filipina dan Hawai. Namun, uniknya Guam masuk ke dalam wilayah Amerika Serikat.

Menurut laporan BBC, orang-orang yang lahir di Guam merupakan warga negara Amerika Serikat. Namun, warga Guam tak berhak mengikuti pemilihan umum di Amerika Serikat, baik itu presiden maupun anggota senat.

Selain itu, Guam juga menjadi pangkalan utama militer Amerika Serikat ketika perang dunia kedua berlangsung pada 1939 hingga 1945.

Alasan Amerika Serikat memilih Guam sebagai pangkalan militer karena dekat dengan jalur-jalur yang sering mereka tuju, yakni Laut Cina Selatan, Korea Selatan dan Selat Taiwan.

Walaupun termasuk dalam wilayah Amerika Serikat, uniknya Federasi Sepakbola Guam (GFA) memilih Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai tempat mereka bernaung.

Padahal bisa saja mereka memilih zona Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF) karena letak geografisnya.

GFA memilih gabung AFC pada 1991. Berselang lima tahun, GFA resmi bergabung dengan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Kemudian pada 2002, Guam masuk Federasi Sepakbola Asia Timur atau biasa dikenal EAFF.

Sebelumnya, Guam hampir diserang rudal oleh militer Korea Utara pada Agustus 2017. Hal itu imbas perseteruan antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dengan presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump. Beruntung serangan tersebut di batalkan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan