Keutamaan dan Waktu-waktu yang Dianjurkan untuk Beristighfar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — lstighfar adalah memohon kepada Allah agar dosa seorang hamba diampuni, ditutupi, dan dimaafkan.

Berdasarkan buku Ahmad Bin Abdullah Isa yang berjudul Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih disebut, dengan istighfar seseorang akan mendapatkan ridha dari Allah yang Maha Penyayang. Ia membuat setan benci dan jauh darinya.

Dengan istighfar pula, rezeki, harta, anak-anak, dan turunnya hujan menjadi semakin banyak dan melimpah ruah.

Juga dengan istighfar, suatu kaum menjadi kuat. Mereka selalu diliputi rahmat, serta bisa selamat dari siksa api Neraka di Akhirat kelak.

Beberapa dalil terkait istighfar dalam Al-Quran diantaranya:

“Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12)

“Hendaklah kalian meminta ampun kepada Tuhan kalian dan bertaubat kepada-Nya. Jika kalian mengerjakan hal itu, niscaya Dia
memberi kenikmatan terus-menerus kepada kalian sampai datang waktu yang ditentukan. Dia juga akan memberi setiap orang yang
m emp uny ai keutamaan, balasan keutamaannya.” (QS. Huud: 53)

“Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhan kalian, Ialu bertobatlah kepada-Nya. Niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atas kalian, juga menambahkan kekuatan kepada kekuatan kalian.” (QS. Huud: 52)

“Barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian memohon ampun kepada AIIah, niscaya ia mendapati AIIah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa' : 110)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan