Paling Nyaman Dapat Tiket Pilpres 2024 dari Dua Variabel, SSI: Kita Tunggu Siapa Kompetitor Prabowo Subianto

  • Bagikan
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pertarungan di pilpres 2024 semakin di depan mata. Partai politik mulai sibuk dengan tokoh yang akan diusung untuk memenangkan ajang lima tahunan itu.

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim dari sejumlah tokoh yang mengemuka saat ini maju sebagai capres, serta dilihat dari tingkat elektabilitasnya, Prabowo Subianto dinilai paling nyaman untuk mendapatkan tiket menjadi calon presiden di Pemilu 2024.

"Kita akan tunggu, siapa kira-kira yang akan menjadi kompetitor Prabowo Subianto di Pilpres 2024 nanti," kata Abdul, Selasa 4 Oktober 2022.

Penilaian itu, kata Abdul, didasari pada dua variabel yang bisa dijadikan rujukan untuk menghitung peluang tokoh yang berpeluang diusung menjadi calon presiden (capres).

Yakni dari sisi elektoral melalui tolok ukur survei dan melalui potensi mendapatkan tiket pencapresan dari sembilan partai politik yang berkursi di DPR RI.

Dari variabel sisi elektoral melalui tolak ukur survei, Abdul menyebut, hingga saat ini Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menjadi kelompok terdepan yang jauh meninggalkan kandidat-kandidat potensial capres lainnya.

"Dalam survei SSI pada Oktober ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 30,3 persen, disusul Ganjar sebesar 22,3 persen dan Anies sebesar 20,8 persen," katanya.

Kemudian, ujar Hakim, bila dilihat dari sisi potensi mendapatkan tiket pencapresan dari sembilan parpol berkursi di DPR RI, maka dari tiga nama dengan tingkat elektabilitas tertinggi ialah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang telah dideklarasikan secara resmi oleh NasDem sebagai capres.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan