Akhir Tahun Teman Bus Makassar Tak Lagi Gratis, Segini Tarifnya

  • Bagikan
Teman Bus Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Akhir tahun ini UPT Mamminasata Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel akan menerapkan tarif berbayar bagi Teman Bus. Sebagaimana diketahui, saat ini angkutan publik ini masih disubsidi pemerintah alias gratis.

Kepala UPT Mamminasata, Dishub Sulsel Andi Nur Diyana mengatakan berkaitan dengan tarif itu pihaknya sementara akan membahasnya. Pasalnya belum ada peraturan menteri (permen) yang keluar tentang itu.

Namun ia pastikan, wacana berbayar itu sudah pasti. "Infonya pada akhir tahun ini, cuma kita belum dapat tepat waktunya kapan," kata Diyana, Senin, 3 Oktober.

Rinciannya sendiri belum ada. Tetapi, dia perkirakan bisa mencapai Rp5 ribu, atau ada estimasi harga berapa lainnya.

Pengenaan tarif itu pun dimungkikan diterapkan di satu koridor. Itu berarti sistemnya belum sepenuhnya sama dengan seperti yang di Jakarta yang bisa nyambung di MRT.

Selain itu, Diyana mengungkapkan, polanya juga belum tahu pasti, seperti apa. Apakah satu koridor, terus kalau mau nyambung ke mana itu belum dibicarakan lebih lanjut. Tetapi akan ada petunjuk nantinya.

Untuk penambahan unit tahun ini tidak ada. Saat ini yang ada hanya 87 unit.

Perkembangan penumpang secara umum, jelas dia, ada peningkatan. Apalagi saat kenaikan BBM, di samping siswa sudah banyak yang bersekolah sehingga angkutannya makin terisi. Hanya, di koridor dua yang belum maksimal.

"Harapan kita kalau sudah bagus dan mengambil penumpang di semua halte maka akan mendongkrak load factor. Sejauh ini memang merata tetapi memang yang paling tinggi itu koridor di Galesong," jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan