Diaz Hendropriyono Sebut Target 2 Juta Kendaraan Listrik pada 2025 Bisa Dimulai dari Migrasi Motor

  • Bagikan
Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa Jakarta, Selasa (4/10). Dokumen pribadi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono menyebut akselerasi target dua juta kendaraan listrik pada 2025, bisa dimulai dengan memigrasikan motor berbahan bakar fosil.

Dia mengatakan itu dalam forum group discussion untuk membahas capaian akselerasi target dua juta kendaraan listrik pada 2025 di The Dharmawangsa Jakarta, Selasa (4/10). "Perlu dimulai dari motor listrik.” ujar Diaz dalam keterangan persnya, Rabu (5/10).

Dia mengatakan migrasi besar pengendara motor dari berbahan bakar fosil sangat dimungkinkan, karena jumlah pengemudi kendaraan roda dua mencapai lebih dari 119 juta unit.

"Industri manufaktur yang sangat berkembang, dan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat," ujar dia.

Adapun, diskusi tentang akselerasi target dua juta kendaraan listrik pada 2025 turut dihadiri oleh artis Deddy Corbuzier, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Deddy yang hadir sebagai narasumber sebagai perwakilan masyarakat menyampaikan salah satu keluhan dalam transisi ke kendaraan listrik.
Menurut Deddy, munafik ketika lingkungan menjadi fokus masyarakat, tetapi tidak memikirkan biaya rakyat bermigrasi ke kendaraan listrik.

"Demi mendapatkan kepercayaan masyarakat pindah dari motor konvensional ke motor listrik harus ada harga murah dahu untuk mereka bisa coba dan akhirnya baru merasakan dampak lingkungannya, enaknya menggunakan motor listrik,” katanya.

Sementara itu, Agus Gumiwang menyebut pemerintah memang serius untuk memigrasikan pengendara motor berbahan bakar fosil ke listrik. "Bapak Presiden (mengatakan, red) agar Indonesia dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit motor listrik," kata politikus Partai Golkar itu.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan